Feature

10 Mei 2022

President University Ingin Ikut Bangun AHS

Rencana President University (PresUniv) untuk mendirikan Fakultas Kedokteran terus bergerak maju. Ini seiring ditandatanganinya Perjanjian Kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU) antara President University dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. MoU tersebut berisi nota kesepahaman antara PresUniv dengan Pemkab Bekasi untuk pengembangan sistem kesehatan akademik (Academic Health System atau AHS) di Kabupaten Bekasi. MoU tersebut ditandatanganiĀ  oleh Rektor PresUniv Prof. Dr. Chairy dan Plt Bupati Bekasi H. Akhmad Marjuki, SE, MM. Jababeka Golf & Country Club, Cikarang, Bekasi, pada Rabu (20/4).

Selengkapnya
22 Feb 2022

Growing Under Pressure (Bagian ke-4 dari 4 tulisan)

Kini, kita masuk pada bagian inti dari buku Growing Under Pressure karya Iman Permana dan Jazak Yus Afriansyah, yakni bagaimana caranya mengubah tekanan menjadi kekuatan? Rumusnya adalah berubah atau change. Iman dan Jazak memformulasikan dengan 4C. Apa saja?

Selengkapnya
18 Feb 2022

Growing Under Pressure (Bagian ke-3 dari 4 tulisan)

Spanyol suatu ketika pernah diperintah oleh Raja Roderick, yang memerintah dengan lalim. Ia membagi penduduk dalam beberapa kasta. Ia mengenakan pajak yang tinggi justru untuk kalangan kasta terendah, seperti para petani, pedagang, kaum miskin, dan buruh, yang hidupnya justru sangat menderita. Siapa berani menentang, nyawa melayang.

Selengkapnya
16 Feb 2022

Growing Under Pressure (Bagian ke-2 dari 4 tulisan)

Pressure atau tekanan itu datangnya dari luar. Ia bersifat scalar atau menekan ke segala arah. Oleh karena datangnya dari luar, kita tidak bisa mengendalikan tekanan. Pressure atau tekanan memicu terjadinya stress. Jika tekanan datangnya dari luar dan tidak dapat kita kendalikan, stress sebaliknya. Ia justru muncul dari dalam diri kita, sebagai reaksi akibat adanya tekanan. Jadi, oleh karena berasal dari dalam diri sendiri, stress mestinya lebih dapat kita kendalikan.

Selengkapnya
14 Feb 2022

Resensi Buku Growing Under Pressure (Bagian ke-1 dari 4 tulisan)

Pengantar buku Growing Under Pressure yang ditulis oleh Iman Permana, dosen di President University (PresUniv), dan Jazak Yus Afriansyah, mahasiswa pasca sarjana PresUniv, ini sangat menarik. Keduanya membuka dengan paradoks. Di sana disebutkan sejumlah peristiwa yang mestinya membuat kita bahagia, tetapi yang terjadi malah sebaliknya. Kita tidak bahagia, tetapi malah stress dan akhirnya melahirkan tekanan (pressure). Apa saja peristiwanya? Pertama, berlibur. Siapa yang tak suka berlibur. Namun, survei expedia.com, sebagaimana dikutip buku ini, menyebutkan bahwa 53% pekerja di Amerika Serikat (AS) justru tidak bugar setelah kembali dari berlibur. Sementara, ada 30% pekerja yang masih tetap harus bekerja, kendati mereka tengah liburan.

Selengkapnya
17 Jan 2022

Natasha Nicolas Meape Achariga Menjadi Putri Batik Karawang 2021

Salah satu mahasiswi President University (PresUniv), Natasha Nicolas Meape Achariga, atau biasa dipanggil Natasha, mengikuti ajang tersebut. Natasha adalah mahasiswi Program Studi Komunikasi angkatan 2019. Ia menjadi pemenang dan penghargaan Putri Batik Karawang 2021.

Selengkapnya
14 Jan 2022

Ario Muhammad: Menelitik Dampak Perubahan Iklim dan Tsunami

Indonesia memang menjadi titik pertemuan tiga lempeng tektonik dunia, yaitu Lempeng Indo-Austalia, Lempeng Eurasia dan Lempek Pasifik, dan terletak di wilayah cincin api Pasifik, yang terbentuk akibat tumbukan antarlempeng tersebut. Itu menyebabkan bencana geologis tidak dapat dihentikan. Lalu, apa yang mesti dilakukan?

Selengkapnya
14 Jan 2022

Kadek: Perluas Jejaring dan Mengenalkan Budaya Indonesia di Luar Negeri

Mendapatkan kesempatan belajar di salah satu universitas terbaik di Polandia menjadi titik balik bagi perjalanan hidup Kadek Astri Dwijayanti, pada usianya yang masih 20-an tahun. Mahasiswi Program Studi Hubungan Internasional, angkatan 2019, ini merupakan satu dari lima mahasiswa President University (PresUniv) yang lolos program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021. Program yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, ini membawa Kadek untuk belajar selama satu semester di University of Warsaw, Polandia.

Selengkapnya