Feature

05 Nov 2021

Mari Pahami Tahapan Pendanaan untuk Startup

Semua bisnis membutuhkan modal. Begitu juga dengan bisnis rintisan atau startup. Semakin besar modal, semakin banyak yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha. Itulah sebabnya untuk membuat sebuah startup terus berkembang dibutuhkan modal yang juga terus meningkat seiring dengan pertumbuhan startup tersebut. Di sinilah penting bagi seorang pendiri untuk memahami pentingnya pendanaan startup.

Selengkapnya
05 Nov 2021

President Univ Eksplorasi Wisata Desa Kutu Wetan, Ponorogo, Melalui Penelitian

Indonesia terkenal akan kekayaan alam dan budayanya. Kekayaan inilah yang kemudian dimanfaatkan menjadi industri pariwisata. Dan, kini tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata. Sektor ini penyumbang devisa terbesar kedua setelah kelapa sawit.

Selengkapnya
04 Nov 2021

Akankah Shopee Raih Sukses di Polandia dan India?

Shopee mencoba peruntungannya di Polandia dan India. Meski upaya tersebut baru saja dimulai, eksperimen ini tampaknya mengisyaratkan ambisi global Shopee. Raksasa e-commerce ini telah mendominasi pasar Asia Tenggara, dan berkembang cukup pesat di Amerika Latin.

Selengkapnya
03 Nov 2021

Ula, Startup Marketplace B2B yang Didanai Jeff Bezos

Startup Marketplace B2B untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Ula baru-baru ini menerima pendanaan dari perusahaan investasi milik pendiri Amazon, Jeff Bezos. Tak hanya itu, Tencent juga turut serta.

Selengkapnya
26 Okt 2021

Pidato Gubernur Bali I Wayan Koster pada ICFBE 2021: Sudah Saatnya Bali Menata Ulang Perekonomiannya

Mengawali sambutan ini, mari kita haturkan sesanti angayu bagya, puja pangastuti ke hadapan Ida Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas asung kerta wara nugraha-Nya, kita dapat berkumpul di The Grand Inna Kuta, Bali, dalam acara The Fifth International Conference On Family Business and Entrepreneurship

Selengkapnya
26 Okt 2021

Pidato Rektor President Univ Prof. Dr. Jony Haryanto pada ICFBE 2021: Banyak Perusahaan Tengah Berjuang Memulihkan Diri dari Pandemi Covid-19

Bapak/Ibu sekalian, Senin pagi ini President University kembali menyelenggarakan International Conference on Family Business and Entrepreneurship atau biasa kami singkat ICFBE. Ini adalah ajang tahunan yang kami awali pada tahun 2017, dan terus berlanjut setiap tahunnya. Jika pada tiga tahun pertama conference kami selenggarakan secara offline, pada tahun 2020, akibat pandemic Covid-19, kami lakukan secara online. Untuk tahun 2021, conference kami lakukan secara hybrid.

Selengkapnya
25 Okt 2021

Road to ICFBE 2021: Peran Nenek atau Ibu dan Konstitusi dalam Family Business (Bagian ke-4 dari 4)

Cara lain dari parenting adalah mendorong anak-cucu untuk tidak langsung menduduki posisi pimpinan di perusahaan keluarga, tetapi memulainya dari bawah. Bahkan tidak sedikit pendiri yang justru mendorong anak atau cucunya untuk bekerja sebagai profesional di luar perusahaan keluarga terlebih dahulu. Setelah memperoleh pengalaman dan apresiasi dari luar, baru mereka diajak bergabung dalam perusahaan keluarga.

Selengkapnya
23 Okt 2021

Road to ICFBE 2021: Orang Tua Guru Pertama, Utama dan Paling Lama (Bagian ke-3 dari 4 )

Ungkapan tentang kutukan generasi ketiga tidak hanya ada China, tetapi juga di berbagai negara lainnya. Di AS, misalnya, ada ungkapan from shirtsleeves to shirtsleeves in three generations. Di Inggris, ungkapannya clogs to clogs is only three generations, sementara di Jepang bunyinya rice paddies to rice paddies in three generations. Maknanya kurang lebih sama, yakni dari kuli kembali ke kuli, dari bakiak kembali ke bakiak, atau dari bermula dari petani kembali menjadi petani. Semua terjadi di generasi ketiga.

Selengkapnya