Published: 04 Aug 2022

Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV), President University (PresUniv), menyelenggarakan pameran yang menampilkan karya-karya mahasiswanya, Selasa (26/7). Pameran ini bertujuan memberikan pengalaman dan wawasan kepada mahasiswa dalam memamerkan dan mempresentasikan karyanya di depan publik. Karya itu telah mereka rancang selama satu semester. Pameran yang diikuti oleh 27 peserta ini merupakan tugas akhir bagi mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah (MK) Identity Design.

 

 

MK Identity Design, atau yang dikenal dengan visual branding, merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa dalam pengembangan brand baru ataupun rebranding barang, jasa, hingga korporat. Mulai dari bagaimana melakukan brand audit, brand building, brand communication, dan brand activation. Dalam tugas akhir ini, mahasiswa diminta untuk melakukan proyek secara real case study berupa rebranding Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Mengapa UMKM? Kata Rinaldi Aditiya Gratama, S.Ds., MBA, dosen Prodi DKV PresUniv, UMKM merupakan salah satu tonggak perekonomian di Indonesia. “Harapannya, mahasiswa dapat membantu UMKM di Indonesia melalui proyek yang mereka buat. Secara tidak langsung, mahasiswa juga membantu dalam menumbuhkan perekonomian Indonesia,” ujarnya. Rinaldi juga menyampaikan, pameran ini mengajarkan kepada mahasiswa untuk tidak hanya bisa merancang, tapi juga harus mampu mengomunikasikan ide atau konsep mereka kepada khalayak, baik secara verbal maupun visual. (Gilang Suryanata, tim PR. Foto: Gilang)