Published: 20 Jun 2022

Banyak mahasiswa mengikuti seminar persiapan karier, tapi lupa untuk merefleksikan pada dirinya. Akibatnya mereka tidak mendapat manfaat dari seminar itu. Maka, agar event tersebut memberikan manfaat, informasi, fakta, dan insight dari seminar persiapan karier jangan dibiarkan lewat begitu saja. Jadikan materinya sebagai bahan untuk refleksi diri. Demikian ungkap Heri Hermawan S.Psi., CPC, Co-Founder dan COO Asa Berdaya sekaligus career coach dalam webinar Invest in Yourself Class 2 2022 bertajuk Career Preparation: Be Confident in Starting Your Career, Sabtu (11/6). Webinar ini diselenggarakan oleh Investment Club, President University (PresUniv). Investment Club merupakan klub di bawah naungan PUMA Management yang mewadahi mahasiswa PresUniv untuk belajar berinvestasi.

Untuk persiapan karier, Heri menekankan, belajarlah dari para pemain catur. “Mereka berusaha untuk menghafal dan mempelajari berbagai pola untuk menentukan rencana ke depannya. Jika tidak bisa mempelajari pola dan hanya menggunakan solusi yang ada, itu akan membuat kita berada di posisi yang stagnan. Orang yang bisa mempelajari pola akan lebih maju dan bergerak cepat,” jelasnya. Lanjut Heri, itu juga salah satu alasan yang membuat banyak investor bisa sukses, yakni karena mereka mempelajari pola dari berbagai industri. “Pola-pola dalam karier bisa dipelajari mahasiswa dari berbagai kegiatan, seperti magang, organisasi, dan kepanitiaan,” ujarnya.

Pada webinar ini, Heri juga membagikan beberapa tips dalam proses interview kerja. Pertama, siapkan pikiran dan emosi, serta hindari kondisi mental yang mengganggu proses wawancara. Kedua, gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan jenis industrinya, serta posisi duduk atau berdiri yang tepat. Terakhir, tatapan mata yang fokus pada orang yang berbicara. “Hindari proses wawancara yang hanya satu arah. Pergunakan kesempatan tersebut untuk bertanya. Interview dapat menjadi kesempatan bagi kita untuk mengetahui tentang perusahaan. Mulai dari ranah komunikasinya, sistem pengambilan keputusannya, hingga tantangan dan hambatan dalam bekerja,” papar Heri. (Gilang Suryanata, tim PR. Foto: Gilang)