Published: 11 Jan 2022

Tiga mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, President University (PresUniv), menjadi juara ke-3 lomba Desain Teknologi Tepat Guna dalam Mechanical Engineering Competition 2021, Rabu (5/1). Mereka adalah Alvin Putra Wardana, Ichsan Nur Rizky, dan Steven Ardianta. Kompetisi ini diadakan oleh Universitas Malikusaleh, Nanggroe Aceh Darussalam, dengan mengangkat tema “Inovasi Teknologi dalam Mempersiapkan Teknologi Industri 4.0”. Menurut Alvin, perlombaan ini sebagai wadah mereka untuk melatih kreativitas dan mencari solusi yang tepat bagi pelaku usaha industri menengah.

Pada kompetisi ini, mereka mendesain Smart Salt Preservation Conveyor Machine. Mesin ini digunakan untuk proses pengolahan pemindangan ikan. “Alat ini ditujukan untuk pengusaha pemindangan ikan di pabrik atau hulu produksi agar produktivitas meningkat. Alat ini akan mengurangi man worker dan meningkatkan jumlah produksi pengolahan ikan, sehingga bisnisnya akan lebih efisien,” jelas Alvin. Alvin mengungkapkan, ide ini lahir dari riset mereka yang melihat bahwa proses pemindangan ikan di pabrik atau hulu masih kurang higienis dan efisien. “Alat ini akan membuat proses pengolahan ikan jauh lebih bersih, sehat dan cepat,” tekannya.

Berbicara mengenai mesin conveyor, kata Alvin, memang sudah banyak digunakan dalam industri. Namun, mesin conveyor yang didesain Alvin dan tim berbeda. “Mesin kami sudah terintegrasi dengan Internet of Things atau IoT, sehingga seluruh prosesnya dilakukan secara otomatis. Mulai dari proses pencucian, penggaraman, dan penyortiran. Selain memiliki desain yang menarik, mesin kami mampu menyortir 1,2 ton ikan per jam,” paparnya. Alvin menambahkan, ke depan mesin ini masih perlu mendapatkan perhatian khusus dalam bidang otomasi dan efisiensi. “Perlu dilakukan riset lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas mesin tersebut,” tutupnya. (Gilang Suryanata, tim PR. Foto: Alvin)