Published: 08 Oct 2021

Kamis (30/9), Fakultas Bisnis, President University (PresUniv), berhasil menjadi anggota Accreditation Council for Business Schools and Programs (ACBSP). ACBSP adalah badan akreditasi pendidikan bisnis global dan organisasi pertama yang menawarkan akreditasi ke semua tingkat program gelar pendidikan bisnis perguruan tinggi dari associate hingga doktoral. ACBSP diakui oleh Dewan Asosiasi Pendidikan Tinggi di seluruh dunia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga mengakuinya sebagai salah satu badan akreditasi internasional yang kredibel dan bereputasi tinggi.

Maria Jacinta Arquisola, BA, MHRM, Ph.D, Dekan Fakultas Bisnis PresUniv, sangat senang dengan capaian itu. “Sekarang, kami menjadi anggota badan akreditasi internasional yang diakui di seluruh dunia. Hanya ada tiga perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi anggota ACBSP,” ujarnya. Keanggotaan ini tentu memberikan banyak manfaat, seperti kesempatan untuk mengajukan akreditasi internasional, akses ke database yang akan membantu tata kelola dan pengembangan program fakultas, keikutsertaan dalam konferensi internasional, dan memperluas akses jejaring dengan semua universitas anggota ACBSP di seluruh dunia. Jacinta mengatakan, untuk menjadi anggota ACBSP harus mengajukan permohonan dan menyerahkan dokumen pendukung yang diperlukan.

Jacinta juga mengungkapkan, akreditasi universitas dan Program Studi (Prodi) di fakultas juga sangat penting dalam proses keanggotaan tersebut. “PresUniv yang terakreditasi A serta Prodi Akuntansi, Administrasi Bisnis, dan Manajemen yang juga terakreditasi A sangat membantu dalam proses tersebut. Pengakuan ini mengangkat nama kami sebagai universitas yang diakui dan dapat diandalkan,” jelasnya. Ia berharap melalui keanggotaan ini, semoga Prodi yang ada dapat terakreditasi secara internasional yang akan menarik bagi calon mahasiswa PresUniv. “Ini juga akan meningkatkan lanskap multi-budaya kampus kami,” tutupnya. (Gilang Suryanata, tim PR. Foto: Dok. Fakultas Bisnis, PresUniv)