Feature


Published: 29 Apr 2021

Have you ever heard of employer branding? Basically, this term is a concept that is applied by the company, with the aim that all workers and employees can feel comfortable while working. Not only that, this concept also aims to make workers and prospective employees consider the company a good place to do work (dreambox.id).

One form of employer branding is information about job vacancies. With the development of technology, everyone can easily get information access on job vacancies in companies. This encourages companies to think of efficient ways to stand out from the rest to make easier to recruit new talents.

So, if implemented properly, employer branding can have a positive

impact on the quality and quantity of talent who enter the company. The complete like this:

  1. The process of finding qualified talent will be easier, so that the resources spent by the company (costs, processes, time and energy) will be more efficient.
  2. The entry of quality talent will help the company more easily achieve the desired vision (id.techinasia.com).

The benefits of employer branding are even broader than just looking for talent. Another benefit is company’s reputation increases, which turn affects the perceptions of consumers and potential clients of the company.

In order to get optimal benefits, here are the best steps for building employer branding:

Combine thinking and strategy with related divisions. The first thing that needs to be done is a cross-division discussion to formulate things to focus on in employer branding. It is important for all stakeholders to have the same understanding before activating future plans.

Determine the target company. Departing from manpower aspect, companies need to determine the desired target for that year. The target can be seen from the number of employees, which divisions require additional workers, and the company's goals. In determining the target, HR needs to formulate it in advance with the company analysis team to see the company's growth rate in more detail. With the results of the right analysis, the employer branding team can determine the target of prospective workers in a more clear and structured manner.

Stay on the company's vision and mission. Even though the company's image in digital media can attract prospective employees, companies still have to stick to their vision and mission. The most effective thing in building employer branding is to base the values ??and vision and mission of the company itself.

With good employer branding, companies can increase the recruitment success rate with superior and potential candidates, as well as retain competent employees so that they continue to provide their best performance to the company. For this reason, as quoted cohive.space, it is necessary to apply the best steps in building employer branding (Ruhmaya Nida Wathoni. Illustration: talencio.com).

 

 

 

Apakah Employer Branding Penting untuk Startup

 

Pernahkah Anda mendengar tentang employer branding? Pada dasarnya istilah ini merupakan konsep yang diterapkan perusahaan dengan tujuan agar seluruh pekerja dan karyawan merasa nyaman selama bekerja. Bukan hanya itu, konsep ini juga bertujuan agar pekerja dan calon karyawan menganggap perusahaan sebagai tempat yang baik untuk bekerja (dreambox.id).

Salah satu bentuk employer branding adalah info tentang lowongan kerja. Dengan berkembangnya teknologi, kini setiap orang dapat dengan mudah mengakses informasi lowongan kerja di perusahaan. Ini mendorong perusahaan memikirkan cara-cara yang efisien untuk menonjol dari yang lain agar lebih mudah merekrut talenta-talenta baru.

Maka, jika dijalankan dengan baik, employer branding dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas dan kuantitas talenta yang masuk ke perusahaan. Lengkapnya seperti ini:

1. Proses pencarian talenta yang berkualitas akan lebih mudah, sehingga sumber daya yang dikeluarkan perusahaan (biaya, proses, waktu dan tenaga) akan lebih efisien.

2. Masuknya talenta yang berkualitas akan membantu perusahaan lebih mudah mencapai visi yang diinginkan (id.techinasia.com).

Manfaat employer branding bahkan lebih luas daripada sekadar mencari talenta. Manfaat lainnya adalah reputasi perusahaan meningkat, sehingga pada akhirnya mempengaruhi persepsi konsumen dan klien potensial perusahaan.

Agar mendapatkan manfaat yang optimal, berikut langkah-langkah terbaik untuk membangun employer branding:

Gabungkan pemikiran dan strategi dengan divisi terkait. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah diskusi lintas divisi untuk merumuskan hal-hal yang menjadi fokus dalam branding perusahaan. Penting bagi semua pemangku kepentingan untuk memiliki pemahaman yang sama sebelum mengaktifkan rencana masa depan.

Tentukan target perusahaan. Berangkat dari aspek ketenagakerjaan, perusahaan perlu menentukan target yang diinginkan untuk tahun tersebut. Targetnya bisa dilihat dari jumlah karyawan, divisi mana yang membutuhkan tambahan tenaga kerja, dan tujuan perusahaan. Dalam menentukan target, bagian SDM perlu merumuskan terlebih dahulu bersama tim analisis perusahaan untuk melihat tingkat pertumbuhan perusahaan secara lebih detail. Dengan hasil analisis yang tepat, tim employer branding dapat menentukan target calon pekerja secara lebih jelas dan terstruktur.

Tetap berpegang pada visi dan misi perusahaan. Meski citra di media digital mampu menarik calon karyawan, perusahaan tetap harus berpegang pada visi dan misinya. Hal yang paling efektif dalam membangun employer branding adalah dengan mendasarkan pada nilai dan visi misi perusahaan itu sendiri.

Dengan employer branding yang baik, perusahaan dapat meningkatkan tingkat keberhasilan rekrutmen dengan kandidat yang unggul dan potensial, serta mempertahankan karyawan yang kompeten sehingga terus memberikan kinerja terbaiknya kepada perusahaan. Untuk itu, sebagaimana dikutip cohive.space, perlu diterapkan langkah-langkah terbaik dalam membangun employer branding. (Ruhmaya Nida Wathoni. Ilustrasi: talencio.com).