Published: 17 Sep 2022

Seringkali recruiter menemukan CV yang kurang lengkap saat menyeleksi dokumen tersebut. Sangat disayangkan jika pelamar kehilangan kesempatan untuk bekerja hanya karena CV yang kurang lengkap. Demikian ungkap Fillia Melinda Mais, Human Capital Supervisor Autopedia dalam ajang Virtual Internship and Career Fair (VICF) 2022 yang diselenggarakan oleh Biro Internship & Career Center (ICC), President University (PresUniv), Senin (12/9). Autopedia merupakan anak usaha Grup Triputra yang bergerak di bidang otomotif. Mulai dari lelang mobil dan motor, jual beli mobil online, dan penyedia data harga mobil dan motor.

Pada VICF kali ini, Fillia memberikan tip dan trik membuat CV yang menarik. Apa saja? Pertama, pastikan informasi personal dicantumkan dengan benar dan selalu up to date, seperti foto, nama lengkap, nomor telepon, dan email. Selanjutnya, detailkan latar belakang pendidikan. Mulai dari SMA/SMK ke jenjang pendidikan yang terakhir. “Tuliskan juga nama universitas dan jurusan kalian yang disertai dengan nilai IPK,” ujar Fillia. Bagian paling penting dalam CV, menurut Fillia, pengalaman kerja yang dibuat secara berurutan dengan deskripsi singkat mengenai pengalaman tersebut. “Jika masih fresh graduate bisa juga mencantumkan pengalaman berorganisasi selama di kampus. Jangan lupa untuk memasukan skill yang dimiliki sesuai dengan posisi yang dilamar,” tambahnya.

Terakhir, kata Fillia, gunakan desain yang simpel, profesional, dan mudah dibaca. “Penggunaan font juga perlu diperhatikan. Pastikan kamu memilih font dengan keterbacaan yang jelas,” tekannya. Untuk jumlah halaman CV, Fillia menyarankan untuk membuat CV hanya satu halaman. “Kamu hanyalah satu dari ratusan atau ribuan dari CV lain yang dibaca oleh recruiter. Jadi, CV harus dibuat secara padat, langsung pada intinya, dan tidak bertele-tele,” tutupnya. (Gilang Suryanata, tim PR. Foto: Gilang)