Published: 04 Aug 2022

Biro Internship & Career Center (ICC) kembali melangsungkan Virtual Internship Career Fair (VICF) 2022, Kamis (28/7), dengan menghadirkan PT Kawasaki Motor Indonesia. Kawasaki tertarik untuk merekrut mahasiswa dan alumni PresUniv lewat skema Fresh Graduate Trainee (FGT).

Dalam paparannya, Gumelar Indra, Human Resources Supervisor PT Kawasaki Motor Indonesia, menggaris-bawahi adanya gap antara kebutuhan perusahaan dengan kemampuan lulusan baru. Program FGT, papar Indra, bertujuan mengatasi gap tersebut. “Semua lulusan, dari program studi apa pun, dilatih agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” jelasnya. Selain itu, Indra juga menyampaikan bahwa engineer di Kawasaki memiliki kesempatan untuk mendapat pelatihan ke Jepang atau Thailand. Jadi, program ini memang bertujuan membuat lulusan baru memiliki kompetensi yang mencakup skill, knowledge, dan attitude, yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Katanya, “Para peserta FGT akan dilatih kedisiplinannya. Sebab Kawasaki Indonesia, yang merupakan perusahaan asal Jepang, sangat mengutamakan kedisiplinan.”

Selama mengikuti program ini, ada beberapa kompetensi yang diberikan. Pertama, kompetensi umum yang mencakup pengetahuan dasar mengenai perusahaan, keselamatan kerja, hingga proses bisnis secara umum. Kemudian, kompetensi khusus, yaitu kompetensi teknis berdasarkan penempatan peserta FGT. Selain itu, selama satu-dua minggu sekali akan diberikan pembekalan mengenai soft skill sebagai kompetensi penunjang, dengan menghadirkan lembaga pelatihan kerja ataupun sharing langsung dari section head. Akhirnya peserta FGT akan masuk pada On the Job Training, yakni melaksanakan pekerjaan sesuai penempatan. (Silvia Desi Betrice, tim PR. Foto: Biro Internship & Career Center)