Published: 25 Jan 2022

Selasa (18/01), Program Studi (Prodi) Teknik Mesin, President University (PresUniv), mengadakan pameran dan presentasi poster dari proyek tujuh mahasiswanya. Kegiatan ini merupakan komponen penilaian dari gabungan dua mata kuliah, yaitu Industrial Automation dan Engineering Design Project. Dua mata kuliah ini merupakan pengganti tesis. Pameran poster ini dilaksanakan selama sepuluh hari, yakni dari tanggal 10 Januari hingga 18 Januari 2022. Mahasiswa juga diharuskan untuk melakukan presentasi mengenai poster dan demo prototype yang telah mereka buat. Presentasi dan demo ini dihadiri oleh 30 mahasiswa Prodi Teknik Mesin.

Kegiatan pameran dan presentasi ini mengangkat tema Otomasi Industri Berbasis Sistem Arduino. Dr. Ir. Wahyono Sapto Widodo, M.Eng, dosen pengampu mata kuliah Industrial Automation, mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa Prodi Teknik Mesin yang ingin mengambil mata kuliah tersebut. “Ini juga memberikan motivasi bagi para mahasiswa, khususnya mahasiswa Prodi Teknik Mesin, dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi, terutama terkait otomatisasi industri,” ungkapnya.

Tujuh proyek yang ditampilkan dalam pameran ini, antara lain, perancangan alat otomatis hand sanitizer & termometer mandiri berbasis arduino untuk pencegahan virus Covid-19; sensor deteksi kebakaran dan pemadam air otomatis menggunakan kontrol arduino; analisa kualitas pemotongan logam pada mesin Computer Numerical Control (CNC) plasma menggunakan metode CP/CPK; rancang bangun mesin potong logam plasma CNC 3 axis; rancang bangun electrical mesin potong logam plasma CNC 3 axis; prototype pintu pagar automatis menggunakan bluetooth berbasis arduino; dan prototype mini forklift arduino control. (Gilang Suryanata, tim PR. Foto: Dok. Prodi Teknik Mesin)