Published: 18 Jan 2022

Selasa (11/1), Dr. Iman Permana, B.S.(P.E.), M.M., dosen President University (PresUniv), dan Jazak Yus Afriansyah, mahasiswa Magister Manajemen Teknologi, PresUniv, mendonasikan buku Growing Underpressure yang mereka tulis. Buku ini merupakan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Buku tersebut diterima langsung oleh Neilany Edwina, Kepala Perpustakaan Adam Kurniawan, dan Maria Jacinta Arquisola, BA, MHRM, PhD, Dekan Fakultas Bisnis PresUniv, di Perpustakaan Adam Kurniawan.

Jazak mengungkapkan, pandemi membuat banyak orang mengalami kesulitan dan tekanan. Tapi, ada juga beberapa orang yang bisa berkembang akibat tekanan tersebut. “Buku ini menyajikan teknik-teknik untuk menyikapi tekanan yang terjadi untuk membuat kita berkembang. Banyak yang tidak percaya bahwa manusia bisa berkembang dengan adanya kesulitan. Kami ingin mengubah keyakinan tersebut melalui buku ini dan menginspirasi para pembaca,” jelasnya. Jazak menekankan, jangan takut untuk menghadapi tekanan dan jangan lari dari tekanan, tapi hadapi, tumbuh, dan kembang bersamanya.

Sementara, Iman menyampaikan bahwa buku ini memberikan cara bagaimana mengelola hal-hal yang datang dari luar badan manusia, yang disebut tekanan, dan bagaimana mengelola reaksi dan respon terhadap hal tersebut untuk berkembang. “Bukan menjadi down atau frustasi,” tegasnya. Kata Iman, sejatinya makhluk hidup membutuhkan tekanan. Sebagai contoh, tumbuhan membutuhkan gaya tarik bumi untuk bisa tumbuh. “Oleh karena itu, tekanan dibutuhkan  dalam hidup. Jika tidak ada tekanan sama sekali, hidup terasa tidak ada artinya,” ujarnya. Iman berharap, para pembaca bisa menerapkan teknik-teknik yang ada di buku ini untuk membuat hidup mereka menjadi lebih bahagia. (Gilang Suryanata, tim PR. Foto: Gilang Suryanata)