Published: 16 Sep 2021

Maulana Azis, mahasiswa Program Studi Teknik Mesin President University (PresUniv) mengikuti National Welding Competition (NWC) 2021 sebagai finalis, Kamis (9/9). NWC merupakan kompetisi pengelasan yang diikuti oleh mahasiswa politeknik atau pendidikan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Politeknik Manufaktur Negeri Bandung yang diikuti lebih dari seratus peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tahun ini, NWC mengangkat tema mengenai “Persahabatan dan Kompetensi untuk Menguatkan Pendidikan Vokasi.”

Maulana mengatakan, terdapat enam kategori yang dilombakan dalam NWC 2021, yaitu las plate SMAW 2G, las plate SMAW 3G, las plate GMAW 3G, las pipe SMAW 2G, las pipe GMAW 5G, dan las pipe GTAW 2G. Pada kompetisi ini, Maulana mengambil kategori las plate GMAW 3G. “Kategori ini merupakan proses pengelasan plate sambungan tumpul yang di-bevel atau chamfer 30°. Kemudian, disambungkan dengan material yang sama dengan posisi plate vertikal. Proses pengelasannya tembus dan harus bagus permukaan tembusannya dimana pada hasil dibelakangnya dilakukan pengelas dari bawah ke atas,” jelasnya.

Maulana mengungkapkan, kompetisi ini terdiri dari dua babak, yaitu penyisihan dan final. Dalam babak penyisihan, seluruh peserta dari keenam kategori melakukan ujian seleksi awal secara daring yang terdiri dari ujian tulis dan pengelasan rigi-rigi. Pada babak ini, Maulana berhasil masuk menjadi TOP 4 pada kategori las plate GMAW 3G, Sabtu (28/8). Menurut Maulana, hasil tergantung pada bagaimana proses latihan yang sudah diusahakan secara maksimal. “Jadi, jangan remehkan latihan,” pungkasnya. (Gilang Suryanata H, tim PR. Foto: Maulana Aziz)