Published: 15 Sep 2021

Rabu (15/9), Biro Internship & Career Center (ICC), President University (PresUniv), kembali menggelar webinar untuk menopang kesiapan mahasiswa dan lulusan yang ingin melanjutkan studinya. Webinar kali ini, yang merupakan kerja sama antara biro ICC dengan BritCham dan University of Suffolk, United Kingdom (UK), mengusung topik How to Preparation Yourself for An Interview. Pembicara pada webinar ini adalah Mike Macias dan Kevin McDonnell, keduanya dari International Office, University of Suffolk.  

Menurut JB Susetiyo, Direktur ICC, interview merupakan bagian penting bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliahnya ke luar negeri. “Jadi mahasiswa atau alumni perlu menyiapkan diri. Misalnya, dengan mempelajari segala informasi terkait jurusan dan universitas tujuan,” katanya. Apalagi dalam proses interview, mahasiswa bukan hanya sekadar menjawab, tetapi juga harus “merebut hati” si pewawancara. Selebihnya perhatikan aspek-aspek teknis, seperti kualitas jaringan internet. Apalagi jika wawancara dilakukan secara online.

Dalam paparannya, Mike Macias mengajak seluruh peserta webinar untuk mengenal lebih jauh tentang University of Suffolk. “Pemandangannya indah, karena kampus kami berada di garis pantai,” cetus Macias. Pembicara lainnya, McDonnell, berbagi tip untuk interview di kampusnya. “Interview bukan tes. Ini lebih agar kami lebih mengenal Anda dan apa yang ingin Anda pelajari. Jadi, dalam interview ini tidak jawaban yang benar atau salah,” ucap McDonnell. Menurut McDonnell, pewawancara juga biasanya ingin tahu rencana karier ke depan dari mahasiswa, sehingga bisa memberikan masukan tentang materi perkuliahan yang mendukung rencana mahasiswa. Webinar diakhiri dengan demo interview antara McDonnell dengan salah satu mahasiswa asing di University of Suffolk. (Gilang Suryanata, tim PR. Foto: JB Susetiyo)