Published: 22 Jul 2021

Perkembangan media pembelajaran interaktif dan efektif berbasis online sangat membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh. Dalam rangka membantu mengembangkan dan mengefektifkan pembelajaran daring, President University Major Association (PUMA) Primary School Teacher Education mengadakan pelatihan secara gratis yang bertajuk “Efektivitas Nearpod dan Canva sebagai Media Pembelajaran Interaktif.” Pelatihan ini menghadirkan Citra Amalia M.Pd., Guru HSG Gemilang dan Pembina Komunitas Media Pembelajaran sebagai pemateri.

Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dengan topik yang berbeda. Pelatihan hari pertama mengenai penggunaan Nearpod sebagai media pembelajaran interaktif, Rabu (14/7). Pelatihan ini bertujuan untuk memahami fitur dan penggunaan nearpod serta praktik menggunakan Nearpod dalam pembelajaran. Nearpod merupakan salah satu platform ruang pembelajaran yang menghadirkan interaksi siswa dengan guru yang cukup berbeda. Citra menekankan, salah satu kunci dalam pembelajaran adalah variasi. “Sebagai seorang guru terkadang kita juga jenuh memberikan pembelajaran dalam bentuk itu saja. Sekarang, sudah banyak pilihan yang dapat kita gunakan dalam bentuk apapun,” ujarnya.

Citra menjelaskan, Nearpod menghadirkan pertemuan dalam ruang virtual dimana pengajar dapat membuat sebuah presentasi yang berisikan gambar, teks, video, bahkan kuis untuk dimainkan bersama. Nearpod memiliki beberapa fitur, seperti discussion with collaborate, materi pembelajaran dalam berbagai bentuk, review quiz, serta 3D dan virtual reality. “Banyak fitur barunya juga yang sangat mudah untuk kita explore. Fitur-fitur tersebut tidak harus kita gunakan semua tetapi disesuaikan dengan materi dan jenjangnya,” kata Citra. Lebih lanjut, Citra memaparkan, Nearpod memiliki tiga pilihan pembelajaran, yaitu live, student pace, dan live plus zoom. (Gilang Suryanata, tim PR. Foto: Gilang Suryanata)