Published: 12 Sep 2017

Padang, Indonesia - Khansa Aqila Ryantono, one of the students in International Relations study programme (Batch 2015) President University, was crowned as the Putri Maritim Sumatera Barat 2017 (26/8) in the event “Putera Puteri Maritime Indonesia Sumatera Barat” held by West Sumatera Maritime Affairs and Fisheries in collaboration with Indonesian Navy, in Padang, West Sumatera. The event was conducted to increase the awareness of the young generation of Indonesia on the world maritime strategic issues and to improve the dedication of Indonesian marine. Khansa was crowned as the winner over the 106 applicants (18-25 years old).

Khansa explained that after she was chosen as a “symbol” of West Sumatera Maritime, she and the other maritime ambassadors have several work plans in the future that will be focused on the society, especially for the people in the coastal areas to involve in all of the maritime activity. They will also have a maritime programme called “maritime villages” in collaboration with the government to improve the quality of people’s life.

The event went for one week which includes; Applicants Registration, Physical Test (Swimming, Running, Pull up, and Push up), Interview sessions, three days Quarantine, and Grand Final. Out of 106 participants, top 10 couples were chosen as the top 20 finalists to be quarantined through the physical test and interview session.

There were five categories of awards in that competition; Putera and Puteri Maritim West Sumatera, Putera and Puteri Maritim Runner Up I, Putera and Puteri Maritim Runner up II, Putera and Puteri Maritim Favorite, and Putera and Puteri Maritim Scuba West Sumatera.

“Participating in this event was very memorable for me personally. I got a lot of knowledge from the expertise who gave us lectures in this program and I got to make friendships and family. Putra and Puteri Maritime Indonesia (PPMI) is not just a beauty contest, but it is also supported by a good knowledge and strong physical”, said Khansa.(YE)


Padang, Indonesia - Khansa Aqila Ryantono, salah satu mahasiswa jurusan Hubungan Internasional (Angkatan 2015) President University, telah dianugerahi gelar sebagai Putri Maritim Sumatera Barat 2017 (26/8) pada acara pemilihan “Putera Puteri Maritime Indonesia Sumatera Barat” yang diselenggarakan oleh Sumatera Barat Maritime Affairs and Fisheries bekerjasama dengan TNI angkatan laut, bertempat di Padang, Sumatera Barat. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda Indonesia terhadap isu-isu strategis maritim dunia serta untuk meningkatkan dedikasi kelautan di Indonesia. Pada kompetisi ini dia memenangkan gelar tersebut dari 106 pendaftar (18-25 tahun).

Khansa menjelaskan bahwa setelah dia terpilih sebagai “Simbol” dari Maritim Sumatera Barat, Khansa dan para duta maritim lainnya mempunyai beberapa rencana kerja untuk masa yang akan datang yang mempunyai fokus terhadap masyarakat, terutama untuk masyarakat yang berada di wilayah Pesisir untuk ikut terlibat dalam segala macam kegiatan maritim. Mereka juga mempunyai sebuah program bernama “Desa Maritim” yang bekerjasama dengan pemerintahan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Acara ini berlangsung selama satu minggu termasuk dengan; registrasi pendaftaran, tes fisik (Berenang, Lari, Pull up, dan Push up), Interview sessions, tiga hari karantina dan malam Grand Final. Pada kompetisi ini terdapat 106 pendaftar, yang kemudian disaring menjadi 44 peserta dan diseleksi kembali menjadi 20 peserta (10 pria dan 10 wanita) yang terpilih melalui hasil tes fisik dan interview session untuk mengikuti sesi karantina.

Terdapat lima kategori penghargaan pada kompetisi ini; Putera dan Puteri Maritim Sumatera Barat, Putera dan Puteri Maritim Runner Up I, Putera dan Puteri Maritim Runner up II, Putera dan Puteri Maritime Favorite, serta Putera dan Puteri Maritime Scuba Sumatera Barat.

“Berpartisipasi pada acara ini memberikan sebuah kesan untuk diri saya pribadi, saya mendapatkan banyak ilmu dari pengajar yang sudah ahli dibidangnya dan saya juga bisa menemukan teman dan keluarga baru. Putra dan Puteri Maritime Indonesia (PPMI) ini bukan hanya sekedar beauty pageant, tetapi PPMI ini juga didukung oleh pengetahuan yang baik serta fisik yang tangguh”, ungkap Khansa.(YE)